Saturday, December 7, 2013

Membentengi Browser Firefox - Membuat Surfing kian Nyaman

Setelah kemarin bikin posting tentang membentengi pc, sekarang lanjut membentengi browser sekalian membuat browsing jadi nyaman dengan Add-Ons (plugins dan extensions). 

pertama saya akan berikan pengertian tentang add-ons, Add-ons adalah bagian kecil dari software yang dapat mengganti atau menambah penampilan dan fungsi dari Firefox. Jadi dengan add ons kita bisa memodifikasi browser sesuai keinginan masing masing. Apa saja modifikasi itu, banyak... susah kalo disebutin satu satu disini :P, silahkan dilihat langsung disini addons.mozilla.org.

Nah disini yang akan saya bahas hanya yang berkaitan dengan keamanan saat browsing, karena web menjadi penyebar virus,malware,phising terbesar di dunia komputer saat ini. Untuk itu kita sedia payung sebelum hujan.
Ada beberapa addons yang saya jelaskan kali ini

  1. Adblock (Adblock Plus atau Adblock Edge)
    adblock adalah addons yang sangat berguna unuk memblokir web dari iklan iklan yang menyebalkan, biasanya pas kita lagi enak enak baca, terus klik link eh tau tau muncul iklan iklan yang tidak sedap di mata,  Add-on ini didukung oleh lebih dari empat puluh langganan filter dalam puluhan bahasa yang secara otomatis mengkonfigurasinya untuk tujuan mulai dari menghapus iklan online untuk memblokir semua domain malware yang dikenal. caranya bisa ke addons.mozilla.org atau ke sini, tinggal klik install.

  2. Web Of Trust (WOT)
    WOT adalah layanan web reputasi dan review yang membantu kita mengetahui web mana yang bisa dipercaya saat kita surfing, cara penggunaanya bisa ke sini atau ke situs resminya di mywot.com.
  3. Disconnect
    Disconnect memilki kemampuan mendeteknsi situs mana saja yang mengambil data anda tanpa sepengetahuan?, disconnect akan memberi tahu anda dan memberi kan fungsi untuk melakukan bloking terhadap situs situs pihak ketiga yang mengambil data anda. Selain itu dengan memblokir situs situs yang tidak terlihat ini akan mempercepat load web. disconnect masuk dalam 100 inovasi terbaik 2013 oleh Popular Science dan 20 addons terbaik firefox oleh situs lifehacker, selain itu disconnect juga memiliki fitur private search dan kids privacy. Cara menggunakannya bisa ke sini atau ke situs resminya disconnect.me. mudah sekali tinggal klik install, sesudah terinstall ada icon D di sebelah kanan toolbar firefox anda seperti gambar disamping ada angka dibawah icon D yaitu 28, itu berarti ada 28 situs yang mentrack anda.

  4. Lightbeam
    Pernahkan ada menyadari bahwa data anda adalah harta?, tahukan kemana data anda selama browsing di internet?, privasi anda diambil oleh situs situs yang tidak anda mengerti?,memang tidak semuanya jelek, ada yang bermaksud baik juga. Lightbeam memvisualisasikan itu dengan baik, agar anda mengerti kemana data anda pergi. pasang via addons.
    gambar disamping adalah contoh dari komputer saya.
    dan laporannya sebagai berikut :

    saya telah mengunjungi 103 website, dan 244 situs pihak ketiga terkoneksi dengan saya padahal saya tidak membukanya.

    banyak sekali aplikasi yang bisa membantu dalam hal perlindungan saat berselancar namun 4 ini sebagai dasar sudah cukup membantu kita nyaman saat berselancar.
    selamat berselancar, jaga privasi anda, selamatkan keluarga anda, buatlah internet nyaman dan aman.

No comments:

Post a Comment